Salib Yesus Kristus

a. Pengertian

Salib, dalam bahasa Yunani disebut stauros stauro.j, memiliki pengertian: (1) kayu sulaan atau balok yang didikan tegak; (2) kayu sulaan sebagai alat untuk menghukum mati. Hukuman mati melalui salib ini tidak terdapat dalam masyarakat Yahudi. Hukuman mati dalam masyarakat Yahudi dengan cara melempar batu. Hukuman mati dengan cara penyaliban dilakukan oleh Kerajaan Romawi bagi orang yang dianggap sebagai penjahat kakap. Hukuman mati melalui penyaliban ini diambil oleh Roma dari bangsa Fenisia dan Kartago.

b. Secara teologis kata “salib” dipakai sebagai rangkuman uraian dari Injil Penyelamatan, bahwa Yesus mati bagi dosa-dosa kita. Ini menjadi dasar berita Injil mengenai firman salib, yaitu Kristus yang disalibkan (1Kor 1:17). Firman salib ini merupakan berita gembira tentang penyelamatan (pembebasan) manusia melalui penebusan oleh dan dalam kematian Yesus Kristus.

c. Berita Salib merupakan juga Firman Pendamaian (2Kor 5:19. Pendamaian ini bersifat pribadi dan kosmis. Pendamaian tersebut terjadi karena Kristus telah menghapus surat hutang yang mendakwa dan mengancam kita dengan ketentuan hukumnya, dengan memakukannya di kayu salib (Kol 2:14).

d. Dalam Perjanjian Baru, salib menjadi lambang yang memalukan dan menghinakan, tetapi juga menjadi lambang hikmat dan kemuliaan Allah yang dinyatakan oleh salib Yesus itu. Orang Roma memakainya bukan hanya sebagai alat untuk menyiksa dan menghukum mati, tetapi juga sebagai alat memalukan didepan umum. Orang Yahudi menganggap penyaliban sebagai kutukan (Ul 21:23; Gal 3:13).

e. Salib menjadi lambang kesatuan orang Kristen dengan Kristus. Kesatuan itu terjadi dalam teladan-Nya dan segala yang telah Ia lakukan bagi kita dan di dalam kita. Dalam kematian-Nya sebagai pengganti kita di kayu salib, kita mati di dalam Dia (2Kor 5:14); dan bahwa RohNya yang diam dalam kita, kita boleh berjalan dalam hidup baru, di dalam Dia (Roma 6:4; Gal 2:20).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s