Himpunan Intelektual Muda Toraja Raya (HIMToR)

Kelompok kaum muda Toraja Raya mengadakan diskusi untuk membentuk HIMToR (Himpunan Intelektual Muda Toraja Raya), pada Sabtu, 6 Juni 2009, Pukul 09.00 – 16.00 wita, bertempat di Hotel Celebes, Jl. G. Latimojong Makassar, Pemahaman “Toraja Raya” yang berkembang adalah secara etnis (Tana Toraja, Toraja Utara, Toraja Duri, Toraja Luwu, Toraja Mamasa, Toraja Kalumpang, Toraja Seko, Toraja Luwu, Toraja Enrekang, Toraja Pinrang). Toraja Raya adalah sebutan yang luas dan tidak hanya masyarakat Toraja yang berasal dari Kabupaten Tana Toraja/Utara.

HIMToR ini berbeda dengan Kombongan Kalua’, IKAT, atau kerukunan keluarga berdasarkan kabupaten tertentu. HIMToR lebih luas dari pemahaman kerukunan yang didasarkan pada daerah.

Visi HIMToR: tercapainya kesatuan masyarakat Toraja Raya yang saling mendukung dan mensejahterakan. Misi HIMToR: (1) Meluruskan pemahaman Toraja berdasarkan sejarah, Toraja secara etnis bukan secara kabupaten; (2) Menumbuhkan perasaan se-Toraja Raya dan membangun solidaritas kaum muda Toraja Raya; (3) Mempersatukan Toraja Raya yang terpisah-pisah karena adanya pemekaran kabupaten-kabupaten; (4) Memperjuangkan pembangunan sarana-prasarana yang memungkinkan hubungan kesatuan (ex. Jalan Raya Beraspal yang hubungkan wilayah antar-Toraja Raya: Rantepao-Mamasa-Kalimbuang-Seko); (5) Mengkader dan mendorong hadirnya pemimpin yang berkualitas secara lokal dan nasional; (6) Sebagai wadah mengkritisi, mengkoreksi, dan mendorong pembangunan pro-rakyat yang memberi kesejahteraan bagi rakyat. Fungsi intelektual yang memberi kontribusi bagi pemerintahan dan lembaga masyakat lainnya dalam pembangunan; (7) Sebagai wadah forum diskusi para intelektual muda Toraja Raya.

Pemateri sebagai bahan diskusi HIMToR dibawakan oleh Ir. Agustinus La’lang, Msi; Ir. Palulun Boroh, dan Sudarman Upa, MSi. Moderator oleh Pdt. Paulus M. Tangke, MTh., MH dan Aris P, MT. Diskusi diperkaya oleh masukan dari para peserta, termasuk dari sepuh Toraja: Bapak Marthen Sempo.

Untuk memantapkan rencana pembentukan HIMToR, dibentuklah Pokja yang ketuanya adalah Sudharman Upa. Para penggagas akan bekerja bersama Pokja untuk merumuskan hal-hal yang diperlukan dan mengadakan musyawarah besar (mubes).

Para penggagas HIMToR ini ada sembilan orang, yaitu: Marthinus P, Simon To’kayu, Paulus M. Tangke, Ferdy Andi Lolo, Aris Pabotak, Jansen Sempo, Pither, S.Kawengian, Gustaf Likulai. (lihat juga HIMTor di Koran Tribun tgl 7-6-09 dan Fajar tgl 8-6-09, Tabloid Pedoman edisi Juni 2009).

Foto Penggagas:

Foto: Pemateri sebagai bahan diskusi HIMToR dibawakan oleh Ir. Agustinus La’lang, Msi; Ir. Palulun Boroh, & Moderator: Pdt. Paulus M. Tangke.

7 Tanggapan

  1. Mantab .. .lanjutkan apa yang telah dicapai. Semoga anak muda Toraja semakin mendunia.

  2. Saya setuju dengan adanya gagasan seperti tersebut di atas, hanya saja apakah hal tersebut tidak ada unsur2 politik, mengingat di Kab. Tana Toraja maupun Kab. Tana Toraja Utara akan diadakan pilkada.

    Tetapi bagaimana berpikir untuk kemajuan Toraja Raya, seperti kabupaten2 lainnya di Sulawesi Selatan, pasalnya Toraja tidak pernah menerima penghargaan…..
    ini sebagai bukti…
    gimana kinerjanya.

    Best regards

    Leman

  3. Mantap liu ia te bos, mungkin perlu disosialisasikan secara luas. mungkin media facebook bisa, tapi jangan melalui Toraja Raya karena kelihatannya kurang diminati atau memang belum mengundang banyak orang menjadi anggotanya.
    bagi saya pribadi, HIMtOR sesungguhnya sudah sangat lama kita rindukan. Hanya saja, harus dihindari adanya unsur kepentingan kelompok apalagi pribadi di dalamnya. Jika memang didasari oleh keinginan tulus untuk mewujudkan visi sebagaimana tertulis di atas, mari kita wujudkan intelektual muda Toraja yang mampu bersaing dan berkarya dalam setiap bidang kehidupan beragama, berbangsa dan bernegara sesuai dengan potensi dan talenta masing-masing.
    salama’

  4. I’m mamasanese. dan saya juga merasa sebagai orang toraya. so kEnApA tdk…… saya sangat mendukung terbentuknya HIMTR. GOOD LUCK N GOD BLESS

  5. mantap ide dan gagasannya semoga ini menjadi wadah cikal bakat masa depan toraja yang lebih unggul dari semua daerah dan suku di tana air
    sukses …

  6. Ya mellongliu kesipulungki anta siangkaran denno na tingara dukaki tosenga danggi na pandangentengki susi attu pura di bokoi ikko matanna manna tosenga untiroki. Bangkit, jadikan generasi toraja cerdas, tangguh n mandiri, makmur, damai,sejahtera, matokko sok.

  7. maunya luwu raya…saba’ melok tukka ke luwu raya snganna….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s