NATAL OIKUMENE & SYUKUR TAHUN BARU

Perayaan Natal Oikumene 2011 & Syukur Tahun Baru 2012 dilaksanakan di Gedung Manunggal Balai Prajurit M Jusuf, 9 Januari 2012. Perayaan hari besar gerejawi ini dibawah tanggung jawab bersama Persekutuan Gereja Indonesia Wilayah Sulawesi Selatan-Sulawesi Barat-Sulawesi Tenggara (PGIW Sulselbara), Keuskupan Makassar, PGPI, dan PGLII, dilaksanakan oleh Panitia Hari Besar Gerejawi yang diketuai oleh Nelson M. Kamisi (anggota DPRD).

Acara perayaan dan syukur ini dikemas secara sederhana, diikuti sekitar 1500 orang. Kesederhanaan dan rasa solidaritas social untuk masyarakat yang banyak mengalami musibah dan kemiskinan diupayakan tercermin dalam kegiatan ini.

Perayaan dan syukur gabungan ini diikuti oleh pimpinan lembaga gerejawi, pimpinan lembaga keagamaan, FKUB Sulsel, FKUB Kota Makassar, Pemda, DPRD, TNI/POLRI, tokoh masyarakat, dan umat Kristen.

Berikut ini point Sambutan by Ketum PGIW & Gubernur; Pesan/Harapan by Walikota Makassar & Pangdam VII di Perayaan Natal Oikumene & Syukur Tahun Baru:

@Ketum PGIW (Pdt. U.S.K. Wijaya Putra, mewakili PGI-KWI-PGPI-PGLII, menyampaikan Sambutan sekaligus Pesan Natal Bersama PGI-KWI): Kedatangan Kristus tersebut dengan bersaksi dan beraksi, bukan hanya untuk perayaan Natal itu saja, tetapi hendaknya juga menjadi semangat hidup kita semua dalam menjalani Tahun baru 2012: Sederhana dan bersahaja  (Luk. 2:7, Flp. 2:5-7); Rajin dan giat: seperti para gembala yang “cepat-cepat berangkat dan menjumpai Maria, Yusuf dan bayi itu” (Luk. 2:16); Tanpa membeda-bedakan secara eksklusif: sebagaimana kanak-kanak Yesus juga menerima para Majus dari Timur seperti adanya, apapun warna kulit mereka dan apapun yang menjadi persembahan mereka masing-masing (lih. Mat. 2:11); Tidak juga bersifat dan bersikap separatis, karena Yesus sendiri mengajarkan bahwa “barangsiapa tidak melawan kamu, ia ada di pihak kamu” (Luk. 9:50).

@Walikota Makassar, Ilham A.Sirajuddin: jadikanlah semangat natal sebagai semangat baru dalam menjalani tahun baru. Perbedaan itu hal wajar, jadikanlah perbedaan sebagai perekat kesatuan. Jangan sampai perbedaan menghalangi tali silahturahmi kita. Terima kasih kepada seluruh umat Kristen, khususnya di Kota Makassar, yang telah menjaga kedamaian, solidaritas, dan toleransi. Semangat baru di tahun baru membangun kesejahteraan bersama.

@Pandam VII (mewakili TNI/POLRI): Mari, pelihara dan tingkatkan pembangunan kerohanian kita. Ini dasar untuk membangun bangsa. Setiap manusia beragama memiliki hak dasar ibadah, termasuk tempat ibadah. Dengan terpenuhinya hak dasar ini, keagamaan yang terbangun akan membawa semangat kebersamaan, kesederhanaan, dan rasa solidaritas. Mari, kita baharui semangat ini di tahun baru untuk membangun bangsa.

@Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo: Para Pendeta dan umat Kristen, jagalah Sulsel! Jadilah berkat bagi sesama dan bangsa, jadilah rahmatan lil ‘alamin (rahmat/kasih sayang untuk sesama/semesta)! Rejeki itu ada di hati kita, di pikiran kita. Syukurilah segala keberadaan hidup. Syukurilah adanya keluarga kita (ada suami/istri/anak/menantu/mertua). Aman dan damai itu di mulai di keluarga. Jika semua keluarga aman dan damai, maka tidak akan ada orang jahat. Roh Kudus jauh dari orang jahat. Tanpa ada minoritas-mayoritas, kita semua perlu membangun Sulsel supaya aman dan damai. Don’ Stop untuk berpikir dan berkarya bagi bangsa.

@Adil Patu (acara hiburan): semua agama mengajarkan cinta kasih. Saya mengajak semua menyanyikan lagu …”cintailah sesamamu seperti dirimu sendiri”…. Pemerintahan tak bisa jauh dari umat Kristen (PGI), karena itu mari kita nyanyikan lagunya SLANK, Ku Tak Bisa Jauh’ dari PGI. (ketika lagu ini dinyanyikan, MC mengajak gubernur-ketua panitia-ketum pgiw naik panggung; jadilah Kwartet: Adil Patu-Syahrul YL-Nelson Kamisi-Untung Wijayaputra).

***

Satu Tanggapan

  1. sukses tuhan memberkati

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s