Mengenal Asosiasi Pendeta Indonesia

ASOSIASI PENDETA INDONESIA (API)

(Indonesian Pastors Association)

 

Asosiasi Pendeta Indonesia (API) dideklarasikan tanggal 31 Oktober 2002 di Krida Bhakti – Setneg – Jakarta. Organisasi para Pendeta Kristen Protestan ini adalah wadah Pendeta tanpa membedakan denominasi dan dogma gereja. Artinya bekerjasama membangun Tubuh Kristus dan pelayanan kesaksian bedasarkan Firman Tuhan.

API tidak mencampuri urusan Gereja atau Dogma Gereja, tetapi bersama membantu pelayanan dan kesejahteraan para hamba Tuhan dalam melayani jemaat, masyarakat dan bangsa. Kami bukan pesaing persekutuan Gereja yang telah ada, tetapi mendukung mereka meningkatkan pelayanan para Pendeta secara pribadi dan keluarga.

KERINDUAN & GAGASAN

    Gereja Kristen (Protestan) adalah agama yang paling banyak denominasinya, ada sekitar 800 denominasi Kristen sedunia, diantaranya terdapat 300 sinode di Indonesia. Perbedaan tafsir dan dogma membuat tubuh kekristenan sampai hari ini belum bersatu.
Dalam sanubari umat Kristen, terutama para pendeta Kristen terdapat keinginan untuk bersatu dan bekerjasama. Kerjasama antar Gereja melahirkan beberapa induk organisasi : PGI (Persekutuan Gereja-gereja Indonesia), PII (Persekutuan Injil Indonesia), PGPI (Persekutuan Gereja-gereja Pantekosta Indonesia). Masih beberapa puluh sinode belum bergabung dalam salah satu persekutuan Gereja itu. Tetapi, dalam kenyataan telah tergabung kerjasama informal antar para Pendeta berbeda denominasi atau induk dengan baik.
Dalam pertemuan dan pelayanan bersama, akhirnya muncul gagasan membangun persekutuan para Pendeta, gayung bersambut ketika Pdt. Nugroho, Pdt. Yan Masengi dan Ev. Zakharias bertemu dalam sebuah kegiatan. Gagasan ini muncul dalam bentuk Asosiasi Pendeta Indonesia yang dideklarasikan 31 Oktober 2002.
Ada kebersamaan, kerinduan bersama untuk memuliakan TuhanYesus Kristus, bukan pribadi atau denominasi.

DEKLARASI Asosiasi Pendeta Indonesia

Kami para Pendeta Kristen Indonesia, mengesampingkan perbedaan deminial dan dogma, menyatakan menerima panggilan Kristus untuk menjadi Saksi Kristus. Kami terpanggil dalam krisis bangsa dan masyarakat akan kepimpinan yang berwatak dan bermoral luhur, untuk menyatakan terang Kristus dalam pelayanan kami.

Untuk itu, kami bergabung dalam Asosiasi Pendeta Indonesia secara pribadi dan siap melayani umat dan bangsa dengan :

  1. Menyurakan suara ke nabian untuk menyatukan dan menggembalakan umat Kristen sesuai Firman Allah.
  2. Membangun Tubuh Kristus sebagai satu persekutuan iman, hidup seperti Kristus utnuk menyatakan kabar  baik bagi bangsa yang sedang terpuruk.
  3. Kami akan bekerja keras membangun kerukunan umat, menciptakan perdamaian terutama damai dengan Allah, menegakkan keadilan dan kesetiaan antar umat beragama dan menjaga keselamatan bangsa Indonesia.
  4. Kami akan memberikan keteladanan dalam moral dan kejujuran, kasih dan kepedulian sesama hamba   Tuhan dan umat manusia.
  5. Kami akan terus berdoa bagi persiapan umat dan bangsa menyambut kedatangan kembali Yesus Kristus, Hakim adil yang diyakini tidak lama lagi dalam hidup iman dan penantian penuh karya nyata. Kami  berkewajiban mempersiapkan umat menyambut Hari Tuhan yang bahagia dalam kekayaan hidup  sehari-hari yang mempermuliakan Nama Tuhan.

Tuhan memberkati dan membuat kami berhasil.

VISI DAN MISI

Visi API adalah memenuhi panggilan iman, pengharapan yang sesuai dengan ajaran juruselamat kita Yesus Kristus. “Penuhilah panggilan pelayananmu di hadapan Allah dan Kristus yang menghakimi orang yang hidup dan mati. Beritakanlah Firman, siap sedialah baik atau tidak baik waktunya, nyatakanlah apa yang salah tegorlah dan nasihatilah dengan segala kesabaran dan pengajaran.” (2 Timotius 4 :1-5).

Visi para Pendeta adalah visi Kristen untuk menerangi dunia dengan Firman, menunjukkan kegelapan pikir manusia karena nafsu duniawi, kesombongan dan keinginan daging yang menggelapkan manusia.

Misi API menjadi Saksi Kristus (Kisah 1:8), supaya muat meninggalkan dosa, kefasikan dan keinginan duniawi dengan hidup bijaksana untuk kemuliaan Allah. Para Pendeta sebagai pembawa Firman harus menunjukkan teladan kasih, kerendahan hati dan kesabaran. API memberikan pertimbangan, suara kenabian kepada pemimpin dunia, pemerintah dan tokoh masyarakat, sambil membebaskan umat Tuhan dari segala kejahatan. Beritakanlah semua itu, nasehatilah dan yakinkanlah orang dengan segala kewibawaanmu.

Visi dan Misi API mewujudkan Amanat Agung Yesus Kristus untuk Membangun tubuh Kristus bagi kemuliaan Tuhan. Membangun hubungan antar umat Tuhan, terutama para hamba Tuhan bebas dari rasa benar sendiri, menang sendiri, kemuliaan sendiri, tetapi dengan rendah hati meninggikan Tuhan Yesus Kristus: Biarlah Dia semakin besar dan aku semakin kecil.

RENCANA KERJA API

TUJUAN API

  1. Meningkatkan kualitas dan kesejahteraan Pendeta
  2. Mempererat kerjasama antar Gereja untuk membangun tubuh Kristus
  3. Aktif menyuarakan suara kenabian di akhir zaman

A.  RENCANA JANGKA PENDEK

  1. Melakukan konsolidasi organisasi secepatnya hingga Kabupaten Kota yang disertai dengan registrasi keanggotaan API (KTA)
  2.  Melakukan audensi dengan pemerintah serta pihak-pihak yang berwenang setempat, sesuai tingkatan masing-masing termasuk PGI, PII, PGPI, BAMAG, dan lain-lain
  3. Mengadakan Advokasi kepada Pendeta yang menghadapi masalah hukum.
  4. Pengadaan Kesekretariatan beserta alat kelengkapannya, antara lain:
  •  Papan Nama API sesuai tingkatan
  • Alat tulis menulis seperti : Komputer, mesin ketik, kop surat, stempel
  • Alat komunikasi : telepon/HP, Faxsimili
  • Pembukaan Website API
  • Media Komunikasi : Bulletin, Majalah, Brosur, dll
  • Pengadaan uniform API: Bendera, Emblem, dan Pakaian

  B.  RENCANA JANGKA MENENGAH (3-5 TAHUN)

  1. Peningkatan SDM anggota API antara lain :
  • Membantu para Pendeta melanjutkan studi
  • Seminar-seminar dengan tema-tema aktual, misalnya : kepemimpinan, penangan narkoba, hukum dsb
  • Ibadah Oikumene secara berkala

2.  Peningkatan mutu Pelayanan API dipandang perlu pengadaan :

  • Alat Transportasi : sepeda motor, mobil
  • Kantor milik API

3.  Peningkatan Kesejahteraan anggota API :

  • Mengupayakan beasiswa bagi anak-anak Pendeta anggota API yang berprestasi tetapi tidak mampu
  • Asuransi bagi anggota API
  • Pembentukan Koperasi API di semua tingkatan

C.  PROGRAM JANGKA PANJANG (5-10 TAHUN)

  1. Mendirikan Yayasan Pendidikan Umum
  2. Mendirikan Panti Asuhan
  3. Mendirikan Pusat Kesehatan Masyarakat
  4. Memfasilitasi jemaat untuk mendapatkan lapangan pekerjaan
Seminar API SULSEL

Seminar API SULSEL, 12 Jan 2012

Satu Tanggapan

  1. API sangat bagus.apakah sudah ada cabang di ambon.supaya kami pendeta GPM juga bisa bergabung.trima kasih Tuhan Yesus memberkati.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s