Bom Molotov di Gereja Toraja Tiatira Malengkeri Makassar

Bekas Bom MolotovGedung Gereja Toraja Jemaat Tiatira Malengkeri yang terletak di Jalan Daeng Tata (Jl. Mujahirin) Makassar, dan Gedung Gereja Toraja Mamasa di Jalan Dirgantara (Kampung Rama) dilempari bom molotov. Peristiwanya sekitar pukul 03.00 Wita, 10 Februari 2013. Belum diketahui siapa pelaku dan belum ada yang menyatakan bertanggung jawab. Gereja Toraja Jemaat Tiatira, salah satu jemaat di Klasis Makassar, baru beberapa bulan berdiri sebagai jemaat mandiri. GTJ Tiatira dimekarkan dari Jemaat Tiatira Tamalate dalam Sidang Klasis Makassar pada bulan Oktober 2013.

Menurut Pendeta Jemaat Tiatira, Pdt Diana Bonggatasik, peristiwa yang terjadi begitu cepat, sehingga pelaku tidak diketahui. Pelemparan bom molotov tersebut  tidak mencapai target, yakni hendak melemparkan kaca depan bagian atas agar bom molotov masuk gedung gereja. Pelemparan itu terhalang dan kandas di atap teras yang terbuat dari beton. Bekas terbakar atap teras beton masih terlihat jelas kehitam-hitaman. Tidak ada korban dalam tindakan teroris ini.

Rombongan Badan Pekerja Klasis Makassar (BPKM) bersama Badan Verifikasi Klasis dan Pengurus PKBGT Klasis, setelah melaksanakan pembinaan terpadu, sosialisasi Program Klasis/Sinode/100IMT di Jeneponto, Bantaeng, dan Bulukumba (9-10 Februari 2013), langsung menjenguk dan mendoakan Gereja Toraja Jemaat Malengkeri di Jalan Muhajirin. Ini suatu ujian bagi Jemaat Tiatira Malengkeri yang masih muda dan Gereja Toraja, bahkan masyarakat Toraja, yang sedang merayakan 100 Tahun Injil Masuk Toraja (100th IMT).  Dalam perkunjungan tersebut, diadakan perbincangan rombongan bersama polisi yang berjaga-jaga ditempat perkara dan dengan anggota DPRD Kota Makassar, Nelson Kamisi, dan dianggap perlu untuk bertemu dengan Kapolrestabes Makassar dan Pemerintahan Kota Makassar.  Tujuannya untuk silahturahmi dan membahas hal-hal yang berhubungan dengan keamanan kota Makassar serta perang opini yang masih berlangsung paska pemilukada gubernur Sulawesi Selatan, khususnya menyangkut SARA.

Kapolrestabes Kota Makassar, Komisaris Besar Wisnu Sanjaya, yang dihubungi oleh Nelson Kamisi dan Pdt Musa Sikombong menyepakati silahturahmi pada Senin, 11 Februari 2013 di Kantor BPKM (Balla Tamalanrea). Sedangkan dengan Walikota Makassar, pada 12 Februari 2013, berhubung Walikota pada 11 Februari 2013 berada di Jakarta, sehingga tidak dapat dilaksanakan secara bersamaan dengan Kapoltabes Makassar.

BPKM mengharapkan agar tidak menduga atau menuduh siapa yang melakukan terror karena bisa memperburuk keadaan dan bisa semakin merusak ketenangan. BPKM kembali mengingatkan keputusan bersama para pendeta Gereja Toraja di Klasis Makassar, pada 22 Januari 2013, yakni untuk mengantisipasi hal-hal negative pasca pemilukada, semua jemaat waspada dan bergantian menjaga rumah-rumah ibadah tanpa mencolok/menarik perhatian.  Peristiwa bom molotov rumah ibadah yang kini menjadi berita nasional, diharapkan tidak dipolitisir. BPKM juga mengharapkan agar peristiwa bom molotov ini, tidak menuduh/memfitnah orang lain atau kandidat yang ikut pilkada Sulsel lalu. Kita perlu selalu doa, meningkatkan kewaspadaan, menjalin hubungan baik dengan masyarakat sekitar rumah ibadah, saling memberi informasi, dan tidak terpancing dengan hasutan yang mengarah pada tindakan anarkis. Semoga pelaku bom molotov dapat ditangkap, insaf, dan menjalani proses hukum (pidana maupun antiterorisme).

Gereja Toraja Tiatira

Gereja Toraja Tiatira

“ Kamu telah mendengar firman: Kasihilah sesamamu manusia dan bencilah musuhmu. Tetapi Aku berkata kepadamu: Kasihilah musuhmu dan berdoalah bagi mereka yang menganiaya kamu. Karena dengan demikianlah kamu menjadi anak-anak Bapamu yang di sorga, yang menerbitkan matahari bagi orang yang jahat dan orang yang baik dan menurunkan hujan bagi orang yang benar dan orang yang tidak benar” (Matius 5:43-45).

1

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s