Menguasai Diri dalam Perlombaan Iman

Bahan PA PWGT Jemaat Tamalanrea 13-18 April 2015

cartoon-runningMenguasai Diri dalam Perlombaan Iman

(I Korintus 9:24-27)

Pembimbing

Istilah “menguasai” diterjemahkan dari bahasa Yunani “egkrateuomai” yang dapat berarti: menguasai/mengekang diri, menghindari (tindakan jahat). Ada dua aspek yang perlu diperhatikan dalam rangka menguasai diri.

Pertama, aspek internal, kita perlu alat kontrol dalam diri kita sendiri. Alat kontrol itu adalah firman Tuhan yang terinternalisasi menjadi nilai yang kita anut. Misalnya, firman Tuhan melarang kita menjadi saksi dusta. Jika firman itu terinternalisasi (terhayati) menjadi nilai dalam diri kita, maka kita akan mengekang bibir kita untuk tidak membicarakan hal-hal yang kebenarannya belum teruji.

Kedua, aspek eksternal, kita perlu menghindari perkara yang dapat membuat kita bertindak jahat. Lingkungan kita, orang-orang disekeliling kita dapat menolong kita terhindar dari tindakan kejahatan, namun juga yang bisa membuat kita bertindak jahat. Kita perlu mengenali lingkungan kita, termasuk orang-orang disekitar kita, agar tidak terjerumus bertindak jahat.

Disiplin rohani dalam hal “menguasai” diri mutlak dilatih secara terus-menerus, sampai ajal menjemput. Jangan lengah. Kuda liar sekalipun dapat menjadi jinak dan terarah ketika diberi tali pengekang. Kesibukan seseorang di kegiatan gerejawi belum menjamin penguasaan diri. Ingatlah, rasul Paulus mengajak kita untuk menguasai diri seluruhnya: hati/pikiran, mata, tangan, kaki, perkataan, dan perbuatan kita, supaya “sesudah memberitakan Injil kepada orang lain, jangan aku sendiri ditolak”.

Pertanyaan Diskusi:

1. Perhatikan ayat 25, apa perbedaan pertandingan/perlombaan lari (atletik lari) dengan perlombaan iman?

2. Apa saja yang masih perlu dikuasai/dikekang/dihindari sebagai latihan disiplin rohani, baik internal maupun eksternal?

***

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: